Sabtu, 10 Juli 2010

Novel..

Seumur hidupku, hanya 9 buah novel yang pernah dan benar-benar ku baca hingga tamat.
Ayat-Ayat Cinta, Ketika Cinta Bertasbih 1 & 2, Tetralogi Laskar Pelangi dan Dwilogi Padang Bulan.
yang terakhir baru kuselesaikan beberapa hari yang lalu.

Ternyata seru juga baca novel..., (atau karena yang kubaca itu kesemuanya best seller ya??)

Jika saja ada blok novel dan blok nonnovel (semisal blok barat dan blok timur) aku adalah termasuk golongan blok nonnovel.
masih ingat ketika masih SMA, aku dan teman-temanku -walau bukan yang berada di barisan terdepan, selalu menyinggung orang-orang yang gemar sekali membaca novel hingga beratus-ratus halaman, yang tebalnya memungkinkan dijadikan bantal (kalau ditumpuk) dengan perkataan, "novel yang tebelnya minta ampun aja bisa ditamatin, masa Al-Qur'an sama artinya ngga??"
sebarnya niat kami menyinggung agar mereka tidak terlalu terbuai dengan membawa dan membaca hampir setiap hari hingga pelajaran atau bahkan Al-Qur'an terlupakan hingga jarang di baca).
Karena menurut kami, kebanyakan yang dibaca adalah novel cinta.
begitulah aku dan teman-temanku.

Menjelang akhir SMA, aku mulai merasa tertarik dengan yang namanya novel..
hingga akhirnya kuputuskan untuk mencoba membaca novel.

Bagiku ada hal-hal menarik yang tak ada dalam buku-buku bacaan lain, dalam buku-buku yang biasa ku baca.
Cara bercerita yang mengalir, dapat divisualisasikan denga daya imajinasi membuatku tertarik dengan novel, dan juga hal-hal dan pengalaman-pengalaman si penulis yang kadang dicantumkan dalam novelnya membuatku dapat mengambil pelajaran dari novel tersebut.
Apalagi novel-novel karya Andrea Hirata yang merupakan pengalaman pribadinya..
Intinya, aku berusaha mengikuti hidup seseorang dan mengambil pelajaran-pelajaran dalam hidup yang dijalaninya, yang -walaupun tidak semuanya dan detail, tertulis dalam novel..

Namun walaupun begitu, aku belum memutuskan untuk membaca novel lagi. Hingga aku temukan novel-novel sebagus atau setara dengan novel-novel yang pernah ku baca.
Entah sampai kapan,..

Dan itu artinya..
aku masih blok nonnovel atau.,
mungkin sudah mulai tidak memihak kedua2nya (blok novel dan nonnovel), alias non blok..??

Tidak ada komentar: