Rabu, 25 April 2012

Fotografi.. oh.. Fotografi..


Saya sedang senang fotografi, sedang begitu menyukai fotografi, bahkan hampir bisa dikatakan mencandui fotografi.
Segala pengetahuan tentang fotografi saya cari.
Artikel tentang teknik-teknik fotografi saya baca.
Gambar-gambar kamera saya unduh.
Bagian-bagiannya pun saya baca dan hafalkan.
Majalah tentang dunianya fotografer ini saya beli.
Kamera yang saya temui saya coba pinjam, karena memang belum mampu untuk memiliki.
Ya, walaupun pernah mengikuti dan mengirimkan foto-foto untuk lomba, sebenarnya saya belum memiliki sebuah kamera.
Walau tak memiliki kamera saya coba tuk terus berkarya.
Dengan kamera hasil pinjaman saya terus mencoba berkeksperimen didunia yang baru saya kenal ini.

Pertama kali memegang kamera sebenarnya saat kelas 2 SMP, saat itu saya punya kamera hadiah dari sebuah lomba di Jakarta. Bukan lomba fotografi tetapi. Saat itu saya masih buta dan sama sekali tak tertarik pada fotografi. Kameranya masih menggunakan film. Kalau mau cuci cetak, harus mengorbankan uang jajan berbulan-bulan. Walhasil itu kamera cuma jadi pajangan di dalam lemari baju. Hhe..

4 tahun kemudian, setelah lulus dari SMA, untuk pertama kalinya saya memegang kamera digital. Kamera saku.
Dan semenjak 2 tahun lalu, untuk pertama kalinya saya memegang kamera DSLR. :D
Dari sanalah kemudian saya mengenal dan mulai menyenangi fotografi, selain karena sering diamanti untuk memegang kamera saat ada acara di tempat saya mengajar, juga karena pemilik kamera tersebut dan teman sekamar saya adalah lulusan IKJ yang seru kalo ngobrol tentang fotografi.

Dari sana pula saya mulai belajar teori-teori fotografi dan langsung memparktekkan teknik-tekniknya. Hingga saat ini.

Walau akhir-akhir ini jarang memegang kamera, tapi saya tetap membaca artikel-artikel tentang fotografi baik dimedia cetak atau di media elektronik. Atau hanya sekedar melihat-lihat karya fotografer-fotografer profesional di dunia maya.

Ini beberapa jenis kamera (yang masih diingat) yang pernah saya pegang dan menjajal teknik-teknik fotogarfi saya.

Canon PowerShot SD1100 IS, SAMSUNG ES55, Canon PowerShot  A3100 IS, Casio EX-Z16, Kodak Easyshare M1093, Canon EOS 1100D, Canon EOS 550D, Canon EOS 30D, Nikon D3100, Nikon D3s.

Dan ini beberapa karya saya dengan kamera-kamera tersebut.. :D





Tahun depan mah harus pake kamera milik sendiri..! :)

Tidak ada komentar: